RSS

AKSI DEBT COLLECTOR ADIRA DIGAGALKAN KOMNAS PKPU PROBOLINGGO

30 Agu

Uraian peristiwa / Descriptions of events:

Gambar diatas (lokasi: Kamp. Arab, Ds. Patokan, Kec. Kraksaan, Kab, Probolinggo, Prov. Jatim) menunjukkan arogansi debt collector yang mengaku utusan ADIRA Finance Probolinggo. Kedua debt collector tsb berusaha menghadang seorang pengendara sepeda motor Yamah Mio. Dengan berimitasi layaknya seorang Polisi, debt collector tsb mengambil kontak Yamaha Mio, menanyakan surat-surat kendaraan (STNK), dan menjelaskan tunggakan kreditnya. Lantas, dengan dalih upaya pengamanan kedua debt collector tersebut berupaya “mengamankan” unit kendaraan bermotor Yamaha Mio tsb. Kala itu, dengan sigap anggota Komnas PKPU menggagalkan upaya paksa “pengamanan” tsb. Meskipun cukup pelik dengan adu argumentasi dan hampir baku hantam, namun semua reda berkat adanya upaya ekstra-persuasif dari anggota Komnas PKPU. Akhirnya, kedua debt collector tsb pergi begitu saja berlalu..

Deskripsi Masalah / Description of the problem:

Sebagaimana telah dimaklumi, bahwa aktivitas debt collector eksternal sangatlah membuat masyarakat resah dan gelisah, karena aksi yang direalisasikan oleh debt collector kerap dilakukan dengan “hantam kromo” alias mengabaikan produk-produk hukum positif negara dan norma yg berlaku dimayarakat. Dari sini, menjadi suatu keharusan bagi praktisi hukum, penegak hukum, atau setidak-tidaknya seorang manusia yang memiliki kepedulian hukum & norma (concern for the law and norms) untuk segera menerapkan produk-produk hukum yang tersedia guna menciptakan keADILan yang berkePASTIan hukum. Nah persoalannya sekarang adalah, bagaimana produk hukum dan aparat penegak produk hukum tersebut menyikapi persoalan ini, guna menciptakan doktrin “ADIL-PASTI”.

Pertanyaan / Question:

Menanggapi pertanyaan di atas, ada beberapa hal penting yang perlu diberikan jawabannya secara detil dan spesifik.

Pertama, tindakan penghadangan, pemberhentian kendaraan bermotor dijalan oleh debt collector.

Kedua, pemeriksaan surat-surat kendaraan bermotor

Ketiga, upaya paksa pengamanan (baca: perampasan & penyitaan)

Short answer:

Pertama: Sependek pengetahuan kami, yang berwenang menghentikan kendaraan bermotor dijalan dan memeriksa keterangan kepada pengemudi adalah petugas Kepolisian Negara Republik Indonesia Dan Penyidik Pegawai Negeri Sipil di bidang lalu lintas dan angkutan jalan (lihat: UU 22/2009). Kesimpulannya, debt collector tak memiliki wewenang sedikitpun. Upaya diatas adalah PMHPidana, tercakup ke dalam pasal 335 KUHP

Kedua: Idem, debt collector tak memiliki wewenang sedikitpun. Yang berwenang memeriksa surat-surat kendaraan hanyalah petugas Kepolisian Negara Republik Indonesia Dan Penyidik Pegawai Negeri Sipil di bidang lalu lintas dan angkutan jalan (rujuk: UU No 22 Tahun 2009). Upaya diatas adalah PMHPidana, tercakup ke dalam pasal 335 KUHP.

Ketiga: Sering kita dengar bahkan si debt collector “ngotot” bahwa upaya yang mereka lakukan adalah pengamanan; mereka enggan memakai istilah penyitaan atau dijuluki tukang sita. Padahal, jika kita merujuk kepada pengertian penyitaan menurut perspektif KUHP ialah serangkaian tindakan untuk mengambil alih dan atau menyimpan di bawah penguasaannya benda bergerak atau tidak bergerak, berwujud atau tidak berwujud. Dan masih menurut KUHAP, tindakan penyitaan dilakukan hanya oleh aparat penyidik (dengan fiat pengadilan setempat). Jadi, gugurlah upaya nutup-nutupi atau distorsi makna penyitaan oleh para debt collector. Jika disebut pengamanan, unit kendaraan tsb sudah aman dipegang pemiliknya, dan tentunya sesuai logika sehat bahwa pemilik lebih “ngemani” barang miliknya, so.. tidak diperlukan pengamanan karena tidak dalam acara konvoi, pengiriman uang, atau pun iring-iringan artis yang butuh body-guard. Jadi, upaya debt collector tsb adalah Pemerasan. Upaya diatas adalah PMHPidana, tercakup ke dalam pasal 368 KUHP. Lain lagi persoalan eksekusi non-fidusianya.

Uraian akhir:

Untuk memanifestasikan perlindungan konsumen, telah lama hadir Komite Nasional Perlindungan Konsumen dan Pelaku Usaha (KOMNAS PKPU), dengan dipimpin Dir. Eksekutif-nya yang mulia Bapak ANSHORY, S. H.

KOMNAS PKPU memiliki peran aktif dalam mewujudkan perlindungan konsumen (lihat: UU 8/1999). Lebih dari itu, KOMNAS PKPU memiliki tugas mulia yakni Menyebarkan informasi dalam rangka meningkatkan kesadaran atas hak dan kewajiban serta kehati-hatian konsumen, dalam mengkonsumsi barang dan/atau jasa; Memberikan nasihat kepada konsumen yang memerlukan; Melakukan kerja sama dengan instansi terkait dalam upaya mewujudkan perlindungan konsumen; Membantu konsumen dalam memperjuangkan haknya, termasuk menerima keluhan atau pengaduan konsumen; Melakukan pengawasan bersama pemerintah dan masyarakat tehadap pelaksanaan perlindungan konsumen (lihat: PP 59/2001). Dalam membantu konsumen untuk memperjuangkan haknya, KOMNAS PKPU dapat melakukan advokasi atau pemberdayaan konsumen (PP 59/2001). Mari turut doakan agar KOMNAS PKPU selalu eksis, peka zaman, dan tetap berjihad menegakkan UU Perlindungan Konsumen. Barakallohu fiikum….

 
14 Komentar

Ditulis oleh pada Agustus 30, 2011 in BERITA

 

14 responses to “AKSI DEBT COLLECTOR ADIRA DIGAGALKAN KOMNAS PKPU PROBOLINGGO

  1. dhoris

    September 4, 2011 at 12:08 am

    sieph..
    pejuang rakyat

     
  2. MASYKUR

    September 16, 2011 at 6:15 am

    ADIRA MEMANG KEJAM..
    DIDAERAH SAYA DS. SEBOROH. KEC.GADING, ALHAMDULILLAH SUDAH STERIL DARI PEREDARAN DEBT COLLECTOR/TUKANG SITA. NANTI LIHAT SAJA KALO ADA DEBT COLLECTOR ADIRA TERUS BERAKSI, MAKA KAMI MASYARAKAT AKAN KOMPAK MEMERANGI MEREKA..

     
  3. komnaspkpuprobolinggo

    September 27, 2011 at 11:24 pm

    -> ADIRA MEMANG KEJAM..
    DIDAERAH SAYA DS. SEBOROH. KEC.GADING, ALHAMDULILLAH SUDAH STERIL DARI PEREDARAN DEBT COLLECTOR/TUKANG SITA. NANTI LIHAT SAJA KALO ADA DEBT COLLECTOR ADIRA TERUS BERAKSI, MAKA KAMI MASYARAKAT AKAN KOMPAK MEMERANGI MEREKA..
    ————————————
    Alhamdulillah kalo begitu bpk. Apalagi tahun ini telah terbit perkap no 8/11 ttg pengamanan jaminan fidusia. Sejak juni lalu, pengamanan fidusia hanya bs dilakukan oleh polisi. Pertimbangan lahirnya perkap tsb adalah:
    a. bahwa Kepolisian Negara Republik Indonesia merupakan alat negarayang bertugas dan berfungsi untuk memelihara keamanan dan ketertibanmasyarakat, penegakan hukum, perlindungan, pengayoman, danpelayanan kepada masyarakat;
    b. bahwa sebagai alat negara, Kepolisian Negara Republik Indonesiaberwenang memberikan bantuan pengamanan pelaksanaan putusanpengadilan atau eksekusi jaminan Fidusia, kegiatan instansi lain, dankegiatan masyarakat;
    c. bahwa eksekusi Jaminan Fidusia mempunyai kekuatan hukum mengikatyang sama dengan putusan pengadilan yang telah berkekuatan hukumtetap, sehingga memerlukan pengamanan dari Kepolisian Negara Republik Indonesia

    Tujuan perkap tsb meliputi:
    a. terselenggaranya pelaksanaan eksekusi jaminan Fidusia secara aman, tertib, lancar, dan dapat dipertanggungjawabkan; dan
    b. terlindunginya keselamatan dan keamanan Penerima Jaminan Fidusia, Pemberi Jaminan Fidusia, dan/atau masyarakat dari perbuatan yang dapat menimbulkan kerugian hartabenda dan/atau keselamatan jiwa.

    Pengamanan terhadap objek jaminan fidusia dilaksanakan dengan persyaratan:
    a. ada permintaan dari pemohon;
    b. memiliki akta jaminan fidusia;
    c. jaminan fidusia terdaftar pada kantor pendaftaran fidusia;
    d. memiliki sertifikat jaminan fidusia; dan
    e. jaminan fidusia berada di wilayah negara Indonesia

    Permohonan pengamanan eksekusi diajukan dengan melampirkan:
    a. salinan akta jaminan fidusia;
    b. salinan sertifikat jaminan fidusia;
    c. surat peringatan kepada Debitor untuk memenuhi kewajibannya;
    d. identitas pelaksana eksekusi; dan
    e. surat tugas pelaksanaan eksekusi.
    Catatan: Surat peringatan kepada Debitor sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf c telah diberikan sebanyak 2 (dua) kali, yang dibuktikan dengan tanda terima

     
  4. komnaspkpuprobolinggo

    September 27, 2011 at 11:26 pm

    sebagai tambahan informasi & koordinasi:
    Jika bpk masykur di ds.seboroh mengalami kerugian akibat kesewenangan pelaku usaha, maka seilahkan melapor ke kami di Jl.Ir.H.Juanda No .172, Kraksaan-Probolinggo (Kompleks Kamp.Arab, Timur Ndalem Ponpes Tarbiyatul Akhlaq)

     
  5. uni

    Januari 25, 2012 at 2:34 am

    salam….
    saya seorang mahasiswi yang notabene pembayaran motor dilakukan oleh orang tua….
    nah orang tua saya pernah telat membayar yang seharusnya pertengahan desember dibayar, dibayarnya bulan januari awal tgl 7…..
    tetapi yang membuat tidak mengenakan DC FIF selalu memberhentikan saya dijalan,,,dua tiga kali tidak masalah…tetapi hal itu terjadi setiap hari oleh orang yang berbeda2 meskipun sudah dibayar kalau dihitung sudah lebih 10x saya diberhentikan pdhl sudah dibayar 3minggu sebelumnya beserta bunga….tentunya hal ini membuat saya jengkel,lagipula saya tidak tahu menahu masalah pembayaran….
    apa yang sebaiknya saya lakukan supaya saya tidak diberhentikan seenaknya dijalan setiap hari??

     
  6. Gufron Hamdani

    Februari 3, 2012 at 1:17 pm

    selamat malam…….!
    Kepada segenap anggota PKPU kota probolinggo..
    SELAMAT BERJUANG untuk memerangi Penguasa2 di prob.
    Salam kenal nama saya SIDIK.desa mayangan kota probolinggo.

     
  7. komnaspkpuprobolinggo

    Maret 12, 2012 at 11:30 pm

    uni
    Januari 25, 2012 at 2:34 am
    salam….
    saya seorang mahasiswi yang notabene pembayaran motor dilakukan oleh orang tua….
    nah orang tua saya pernah telat membayar yang seharusnya pertengahan desember dibayar, dibayarnya bulan januari awal tgl 7…..
    tetapi yang membuat tidak mengenakan DC FIF selalu memberhentikan saya dijalan,,,dua tiga kali tidak masalah…tetapi hal itu terjadi setiap hari oleh orang yang berbeda2 meskipun sudah dibayar kalau dihitung sudah lebih 10x saya diberhentikan pdhl sudah dibayar 3minggu sebelumnya beserta bunga….tentunya hal ini membuat saya jengkel,lagipula saya tidak tahu menahu masalah pembayaran….
    apa yang sebaiknya saya lakukan supaya saya tidak diberhentikan seenaknya dijalan setiap hari??
    ————————————–
    Yg anda lakukan begini mbak :
    1. Tanyakan identitas orang yg memberhentikan tsb. kapasitas dia sebagai apa? Surat tugasnya ditanyakan (id-card)?
    2. Jelaskan baik-baik bahwa tunggakan setoran telah di setori. Dan kasih saran jika DC tidak memiliki wewenang untuk memberhentikan debitur di jalan. Tugas DC hanya menagih di rumah dengan patut.
    3. Jika memang masih terulang menghentikan di jalan dan bahkan mengintimidasi anda, maka silahkan laporkan kepada Polsek/Polres terdekat. Laporkan perbuatan DC tsb dengan sangkaan pasal 335 KUHPidana.
    4. Namun, saya curiga knapa para DC tsb kok sering sekali memberhentikan anda di jalan. Mungkin para DC tsb lagi jatuh hati kpd anda. hehe..
    5. Silahkan datang ke postal complaint kami di: Jl. Ir. H. Juanda No. 172 – Kraksaan (Kamp. Arab Kraksaan)

    Gufron Hamdani
    Februari 3, 2012 at 1:17 pm
    selamat malam…….!
    Kepada segenap anggota PKPU kota probolinggo..
    SELAMAT BERJUANG untuk memerangi Penguasa2 di prob.
    Salam kenal nama saya SIDIK.desa mayangan kota probolinggo.
    ————————————–
    No Hp njenengan berapa mas?

     
  8. cak dicky

    Februari 26, 2013 at 12:55 pm

    selamat malam…….!
    Kami segenap anggota Masyarakat kab. probolinggo..
    SELAMAT BERJUANG kepada segenap anggota PKPU kab. Probolinggo untuk memerangi para Penindas2 rakyat di prob.
    Salam kenal & salam hormat nama saya DICKY ATMASUNU kamp. melayu kab probolinggo.

     
  9. komnaspkpuprobolinggo

    Maret 8, 2013 at 1:04 am

    cak dicky:
    terima kasih bpk. semoga bpk dicky sekeluarga selalu dinaungi rahmatNya. Amien

    salam,
    Khofy alQuthfby, SPd, SH
    Dir. Eksekutif Komnas PKPU Indonesia Cab. Probolinggo

     
  10. Marhendro Kurniawan

    Maret 15, 2013 at 6:41 am

    makanya kalo hutang ya dibayar…..

     
  11. wisnu3ds

    Januari 30, 2014 at 7:05 am

    mas ijin minta fotonya yah….buat dukungan tret ini,,,terimakasih…ditulis juga sumber fotonya kok…

    http://wisnu3ds.wordpress.com/2014/01/24/wasapada-kejahatan-baru-di-jalan-raya-dengan-mencatat-no-plat-kendaraan-anda/comment-page-2/#comments

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: