RSS

Mobil Warga Pemalang ‘Dirampas’ di Pekalongan

04 Sep

PEKALONGAN – Insiden perampasan kendaraan oleh debt collector kembali terjadi di Pekalongan. Peristiwanya terjadi Kamis (23/6) kemarin, sekitar pukul 17.00.
Namun esok harinya, yaitu Jumat (24/6) sore kemarin, mobil akhirnya dikembalikan lagi ke pemiliknya, setelah dilakukan negosiasi antara debt collector dari wakil ACC Mobil Tegal dengan tim dari LPK Komnas PKPU Pekalongan di Mapolsekta Timur.
Data yang bisa dihimpun Radar, mobil Daihatsu Gran Max bernopol G 1741 TD yang sedang dikendarai pemiliknya, Rustam, warga RT 2/7, Desa Limbangan Kecamatan Ulujami Pemalang dihentikan debt collector, di depan Indomaret Jalan HOS Cokroaminoto pukul 17.00.
Seperti disampaikan Rustam kepada Radar kemarin sore, saat itu dua orang debt collector memaksanya memberikan STNK, kunci dan surat KIR. Saat itu dikatakan, bahwa mobil itu harus diambil karena dia menunggak angsuran.
Dengan pemaksaan itu, Rustam mencoba mempertahankannya, meskipun kemudian ketiga benda itu berpindah tangan ke debt collector.
Namun kemudian Rustam memintanya kembali, dan dengan ‘eyel-eyelan’ akhirnya dikembalikan hanya kunci dan surat KIR, sementara STNK telah dibawa dua orang tadi.
Karena tidak ada STNK, Rustam tidak berani membawa mobilnya. Karena merasa terancam, akhirnya Rustam memilih meminta tolong polisi di pos jaga perempatan Grogolan yang letaknya sekitar 500 meter dari lokasi. ”Namun laporan saya tidak ditanggapi,” katanya.
Dia lalu menghubungi LPK Komnas Perlindungan Konsumen Pelaku Usaha (PKPU) Pekalongan untuk membantunya. Rustam sendiri membenarkan jika mobil itu adalah hasil kreditan melalui ACC Mobil. Namun meski begitu, dia jelas tidak nyaman jika mobilnya dipaksa diambil di jalan begitu.
Ketua LPK Komnas PKPU Pekalongan Totok Suprapto kepada Radar menjelaskan, setelah dikabari Rustam, pihaknya kemudian melacak keberadaan mobil dan ternyata berada di Mapolsek Pekalongan Timur.
Sehingga Jumat sekitar pukul 15.00 mereka datang dan menanyakan terkait pengambilan mobil oleh ACC Mobil Tegal itu. Selain jajarannya, hadir pula Ketua PKPU dari Tegal Edy Purwanto dan Heri Ristianto juga Junaedi dari PKPU Pemalang.
“Kita tadi ke Polsek, dan berbicara dengan debt collector dari ACC Mobil Tegal. Kita pertanyakan surat tugasnya mengambil barang itu, dan ternyata mereka tidak pegang.”
Disampaikan, surat tugas dari ACC Mobil kepada mereka ada dua, yang pertama tertanggal 15 Juni untuk 7 hari yaitu sampai 22 Juni, dan kedua tertanggal 24 Juni untuk 7 hari ke depan. “Jadi saat mengambil barang itu, mereka sedang tidak bertugas.”
Ditambahkan Prapto, bahwa debt collectro atau siapapun tidak berhak mengambil mobil, apalagi di jalanan dengan pemaksaan. “Itu tidak dibenarkan dalam sistem hukum kita, karena sudah masuk pidana yaitu perampasan. Alhamdulillah, akhirnya mobil dikembalikan,” jelasnya.
Prapto menegaskan, lembaganya berusaha menempatkan porsi sebenarnya dengan menggunakan kaidah hukum yang berlaku. “Lembaga kita mendasarkan pada UU 8 Tahun 99 tentang Perlindungan Konsumen. Dan ada Hakim di pengadilan yang mempunyai kekuatan hukum mengikat. Jadi perampasan di jalanan jelas tidak dibenarkan,” katanya sembari menegaskan pihaknya siap membantu warga yang menjadi korban debt collector ini.
Sementara itu Kapolsekta Pekalongan Timur Kompol Sri Sumardi yang dikonfirmasi Radar secara terpisah membenarkan adanya penitipan mobil yang dilakukan ACC Mobil Tegal di markasnya. “Ya, dititipkan itu agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Dititipkan Kamis sore, Jumat sorenya sudah dikembalikan,” katanya.
Dijelaskannya, dari ACC Mobil saat itu mau ambil mobil, namun baru mau bicara, orangnya sudah pergi, akhirnya mobil dititipkan ke polsek. “Ini ada miskomunikasi, dan sekarang sudah dikembalikan. Itu dari ACC Mobil Tegal, bukan debt collector,” jelasnya. (tri/way)

http://www.radar-pekalongan.com/index.php?pilih=news&mod=yes&aksi=lihat&id=2686

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada September 4, 2011 in BERITA

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: