RSS

Polisi: Ancaman dan Intimidasi Debt Collector Masuk Pelanggaran Pidana

04 Sep

Jakarta – Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Baharudin Djafar mengatakan, debt collector tidak boleh menghalakan segala cara untuk memaksa pihak yang memiliki utang untuk membayar utangnya. Karena, kalau ada intimidasi dan ancaman dalam melaksanakan tugasnya debt collector bisa terkena pasal 335 KUHAP.

 

“Mereka nggak boleh menggunakan segala cara, karena intimidasi saja, bisa kena pasal 335 tentang perbuatan tidak menyenangkan. Masalahnya terjadi benar nggak intimidasi itu,” kata Baharudin di Balai Wartawan Mapolda Metro Jaya, senin, (4/4/2011)

 

Kepolisian sendiri, diakuinya, jarang menerima laporan tentang adanya intimidasi dan ancaman dari debt collector. Hal itu kemungkinan karena sang nasabah merasa malu atas utang yang dimilikinya. “Kita jarang menerima laporan soal ini, mungkin mereka malu,” katanya.

 

Tak hanya itu, Baharudin juga menegaskan, jika terjadi penyitaan oleh debt collector, hal itu adalah ilegal. Karena yang boleh menyita itu hanya jaksa sebagai eksekutor yang sebelumnya telah melalui proses pengadilan.

 

“Kalau ada proses perdata tanpa pengadilan itu ilegal” tuturnya.

 

Ditanyakan apakah pengguna jasa bisa dipidanakan?, Baharudin menjawab “Selama kita bia membuktikan bahwa pidana yaag terjadi itu ada kiatan dengan pengguna, kita akan juga memproses juga” imbuhnya. “Kalau dia melanggar hukum mereka akan berusan dengan kepolisian, tapi kalau mereka melakukan ada timbul pidana baru, polisi harus bertindak,” lanjutnya.

 

Namun demikian, Baharudin mengaku pihaknya tidak bisa memanggil debt collector selama tidak terjadi pelanggaran pidana. “Karena mereka daftarnya nggak terdaftar, di Menkumham nggak ada, Mendagri juga nggak ada. Kalau ada hukum pidanan, barus berurusan dengan polisi,” katanya

 

Baharudin mengimbau kepada pihak bank untuk menyeleksi penggunanan debt colektor dengan benar. “Jangan menggunakan jasa yang enducated, terdidik, hai kamu? udah didaftar belum? udah dilatih belum? bagaimana cara menagih hutang dengan baik,” contohnya.

(dni/dni)

http://today.co.id/read/2011/04/04/22411/polisi_ancaman_dan_intimidasi_debt_collector_masuk_pelanggaran_pidana

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada September 4, 2011 in BERITA

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: