RSS

UU Tentang KIP Disosialisasikan

11 Sep

Probolinggo – Dalam rangka untuk mempercepat pembentukan Pejabat Penyedia Informasi dan Dokumentasi (PPID) di Kab. Probolinggo, Bagian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menggelar sosialisasi UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) di ruang pertemuan Tengger Setda Kab. Probolinggo, Kamis (28/7).

 

Sosialisasi yang dibuka secara resmi oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan Ibrahim Muhammad ini diikuti oleh 140 peserta yang terdiri dari para Kepala SKPD, Camat dan staf yang membidangi informasi publik dan pelayanan langsung kepada masyarakat serta insan pers Kab. Probolinggo. Kabag Kominfo Sentot DH menyatakan, ”Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para peserta tentang pentingnya Keterbukaan Informasi Publik, agar pelaku birokrasi pemerintahan dapat menjalakan tugasnya dengan professional”.

Bertindak sebagai narasumber pada acara ini adalah Komisioner Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur dengan moderator Ketua PWI Probolinggo Iksan Mahmudi. Sementara Asisten Ekonomi dan Pembangunan Ibrahim Muhammad dalam sambutannya sesaat sebelum membuka kegiatan ini mengatakan Pemerintah Daerah memandang pelaksanaan UU KIP ini sangatlah penting dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara guna mewujudkan tata kelola yang baik dari negara, intitusi termasuk institusi pemerintah dan swasta. “Ciri yang paling menonjol dari tata kelola yang baik pada masyarakat modern adalah layak gugat atau akuntabilitas, transparansi, efisiensi, efektivitas. Untuk mewujudkan itu semua diperlukan suatu prasyarat utama yaitu keterbukaan informasi publik”, ujar Ibrahim Muhammad.

Menurut Ibrahim, keberadaan UU KIP sangat penting sebagai landasan hukum yang berkaitan dengan hak setiap orang untuk memperoleh informasi, kewajiban badan publik menyediakan dan melayani permintaan informasi secara cepat, tepat waktu, biaya ringan/proporsional dan cara sederhana, pengecualian bersifat ketat dan terbatas, dan kewajiban badan publik untuk membenahi sistem dokumentasi dan melayani informasi. “Sebagai badan publik, Pemerintah Kabupaten Probolinggo mempunyai komitmen untuk menjalankan dan memenuhi ketentuan-ketentuan yang tertuang dalam UU KIP dengan sebaik-baiknya, sehingga dapat menjamin masyarakat mendapatkan informasi sesuai dengan haknya,” jelasnya.

Lebih lanjut Ibrahim mengungkapkan kita perlu untuk memilah dan mengkaji informasi-informasi yang dapat dikecualikan, khususnya apabila dibuka dan diberikan kepada pemohon informasi publik dapat mengganggu kepentingan perlindungan hak atas kekayaan intelektual atau hal-hal lain yang juga diatur dalam ketentuan perundang-undangan. “UU KIP ini dengan tegas memberi jaminan kepada masyarakat untuk dapat meminta informasi publik yang dibutuhkan pada badan-badan publik untuk kepentingan peribadi/kelompok atau untuk kepentingan publikasi,” tegasnya.

Untuk mewujudkan pelayanan cepat, tepat, dan sederhana setiap badan publik menunjuk pejabat pengelola informasi dan dokumentasi dan membuat serta mengembangkan sistem penyediaan layanan informasi secara cepat, mudah, dan wajar sesuai dengan petunjuk teknis standar layanan informasi publik yang berlaku secara nasional. “Penunjukan PPID oleh pimpinan badan publik diikuti dengan pembentukan organisasi pengelola informasi dan dokumentasi. Hal ini merupakan langkah awal untuk dapat berkerjanya PPID sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya sesuai amanat undang-undang,” tambahnya.

Ibrahim Muhammad mengharapkan sosialisasi ini dapat menjadi momentum untuk mencari solusi, sehingga daerah dapat segera mengemban amanah Undang-undang Keterbukaan Informasi Publik dengan baik. “Semoga sosialisasi ini juga akan menghasilkan suatu kesepahaman berkaitan dengan implementasi Undang-undang tersebut, sehingga masyarakat dapat memperoleh keterbukaan informasi dan pelayanan untuk memberikan informasi dapat berjalan baik,” pungkasnya []

 

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada September 11, 2011 in BERITA

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: