RSS

SURAT EDARAN Kabareskrim No.Pol : B/2110/VIII/2009/tertanggal 31 Agustus 2009

04 Jan

surat dari Kabareskrim No.Pol : B/2110/VIII/2009/Bareskrim tertanggal 31 Agustus 2009 yang ditanda-tangani oleh Kepala Badan Reserse Kriminal Polri , Komisaris Jendral Drs Susno Adji., S.H.,M.H., M.Sc Tentang Prosedur Penanganan Kasus Perlindungan Konsumen. Surat ini memuat 2 pokok yang harus diikuti oleh penyidik Polri di seluruh Indonesia : 1. Pelaporan yang dilakukan oleh debitur atas ditariknya unit jaminan oleh lembaga fnance ketika debitur itu wanprestasi, tidak boleh diproses oleh penyidik polri dengan psl-psl pencurian, perampasan dan lain sebagainya. 2. Pelaporan yang dilakukan oleh lembaga finance ketika mengetahui debiturnya melakukan pengalihan unit jaminan, tidak boleh diproses oleh penyidik polri dengan psl-psl penggelapan dll sebagainya. surat bareskrim ini mempertimbangkan KUHAP dan UU No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen sebagai bahan rujukan dikeluarkannya surat tersebut. Sehingga dengan demikian, masih menurut surat bareskrim, maka bila terjadi 2 persoalan diatas penyidik harus menolak proses laporan dan menyarankan kepada pihak pelapor untuk menyelesaikannya di BPSK karena badan itulah yang berwenang melakukan penyelesaian sengketa konsumen.

DISOSIALISASIKAN OLEH : LPKSM KOMNAS PK-PU INDONESIA

 
4 Komentar

Ditulis oleh pada Januari 4, 2012 in seputar soalan hukum

 

4 responses to “SURAT EDARAN Kabareskrim No.Pol : B/2110/VIII/2009/tertanggal 31 Agustus 2009

  1. iip

    Agustus 5, 2014 at 12:43 am

    kalau daerah saya belum ada BPSK, apalagi tidak ada keharusan adannya BPSK di daerah yg otonom saat ini😦

    nah pas ada masalah lapornya kemana?

     
    • komnaspkpuprobolinggo

      Agustus 25, 2014 at 12:05 am

      Jika ranahnya perdata maka silahkan ajukan guagatan Perbuatan Melawan Hukum ke Pengadilan Negeri; sedangkan jika memang ranahnya maka laporkan ke Kantor Kepolisian Resor/Daerah (Polres/Polda). Demikian, Terima Kasih.

       
  2. arya

    Desember 7, 2014 at 2:21 pm

    Mas, sebenarnya surat bareskrim itu bentuknya gimana sih? koq gak ada surat aslinya ya? Waktu itu kan juga sempat Susno Duadji bikin surat palsu tentang cekal? bisakah di tampilkan disini ujud surat aslinya? jangan jadi fitnah/gosip

     
    • komnaspkpuprobolinggo

      Desember 11, 2014 at 11:03 pm

      Surat Kabareskrim tsb asli dan originaldan disosialisasikan oleh Para Kapolda se-Indonesia. Sangat bisa kami tunjukkan aslinya. Silahkan hubungi Hotline kami.

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: