RSS

Konsumen Adira Finance Merasa Lega, Denda Bisa Terkurangi

18 Jan

Probolinggo, Koran DOR – “Menyentuh hati untuk menanamkan kebanggaan dan integritas dalam kerja,” itulah prinsip kerja dalam sejarah PT. Adira Dinamika Multi Finance Tbk.

Adira Finance mengoperasikan 245 jaringan usaha di seluruh Indonesia. Adira Finance dibangun dengan kesungguhan tekad untuk menjadi perusahaan terbaik dan terpercaya di sektor pembiayaan konsumen bidang otomotif, PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (“Adira Finance” atau “Perusahaan”) yang didirikan sejak tahun 1990 telah menjadi salah satu perusahaan pembiayaan terbesar untuk berbagai merek otomotif di Indonesia berdasarkan pangsa pasar dan jumlah aktiva yang dikelola. Pada bulan Maret 2004, Adira Finance melakukan penawaran saham perdana, yang diikuti dengan pengalihan 75,0% kepemilikan pemegang saham lama melalui penempatan terbatas ke PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Bank Danamon), salah satu bank swasta nasional terbesar yang dimiliki oleh Grup Temasek dari Singapura.

Didukung dengan lebih dari 12,500 karyawan dan 245 jaringan usaha yang tersebar di banyak kota di Indonesia, Adira Finance telah memantapkan posisinya sebagai salah satu perusahaan pembiayaan konsumen otomotif terkemuka di Indonesia.

Di Probolinggo, Adira Finance merajai perusahaan pembiayaan, mengalahkan beberapa lembaga finance lainnya. Burip Santoso warga Ds. Alas Tengah Kec. Besuk, ketika dikonfirmasi menyatakan kepuasannya atas pelayanan dan kebijakan Adira Finance. “Saya merasa lega, karena awalnya saya pun dibantu oleh Adira Finance, yang akhirnya saya dapat memiliki sebuah motor. Namun ditengah perjalanan, usaha saya mengalami kendala sehingga saya menunggak, dan saya dikenai sanksi denda sebesar ± 1,7 juta,“ ucap Burip.

Burip melanjutkan, “Saya pun galau, karena angsuran saya sudah klop 36 angsuran, hanya BPKB belum bisa saya ambil karena ada beban denda sebesar 1,7 juta. Akhirnya saya menghubungi Komite Nasional Perlindungan Konsumen & Pelaku Usaha (Komnas PKPU) di Malang, dan saya didelegasikan kepada Humasnya yang ada di Probolinggo yakni Achmad Mukhoffi alQuthfby, S.Pd di Jl. Ir. H. Juanda, Ds. Patokan Kec. Kraksaan Kab. Probolinggo. Pada Sabtu 10 Desember, saya mengadu kepada Achmad alQuthfby, dan beliau pun menyanggupi akan membantu saya. Jujur saja, saya hanya bisa membayar denda sebesar 350 ribu, karena saya banyak tertimpa musibah,” aku Burip.

Ketika dihubungi, Achmad alQuthfby menyatakan bahwa Komnas PKPU sebagai pengemban amanah UU NO. 8/99, akan senantiasa membantu konsumen dalam hal mendapatkan keadilan yang berkepastian hukum, baik secara mediasi, arbitrase, mau pun melalui jalur litigasi. “Setelah saya mengirimkan surat formal kelembagaan yang berisi permohonan pengurangan denda kepada PT. Adira Dinamika Multi Finance Tbk Jakarta Cq PT. Adira Dinamika Multi Finance RO Probolinggo Cabang Lumajang. Kemudian setelah selama ± 7 hari, ada konfirmasi dari Pimpinan Adira Finance RO Probolinggo Cabang Lumajang Bapak Enas Yudhana langsung kepada saya via handphone. Dan permohonan pengurangan denda sebesar ± 80% dikabulkan, dan konsumen Adira Finance a. n. Burip Santoso warga Ds. Alas Tengah Kec. Besuk itu hanya membayar dendanya sebesar 350 ribu, dan BPKBnya bisa langsung diambil,” tutur Achmad alQuthfby.

Apakah ada kritik konstruktif buat Adira Finance?, “Ada sedikit, yakni jika memang banyak konsumen Adira Finance datang untuk mengambil BPKB (hingga antre), maka selayaknya petugas resepsionisnya ditambah. Jadi saya empati kepada Mas Beri sang resepsionis Adira Finance, yang ‘mlaku ngalor ngidul dewean’ ngurusi pengambilan BPKB. Selain itu, bagi saya Pimpinan Adira Finance RO Probolinggo Cabang Lumajang Bapak Enas Yudhana sangatlah wise, kami sebagai pengemban amanah UU No. 8/99 memang secara indirectly berpartner dengan Pimpinan Adira Finance, tentu saja untuk kepentingan masyarakat konsumen, bukan untuk kepentingan pribadi/golongan. Jika ada pengaduan kami selalu mengedepankan koordinasi/mediasi, namun jika mediasi mengalami kebuntuan maka kami sebagai representasi akan melakukan prosedur hukum, baik secara arbitrase mau pun litigasi, itu semua tergantung dari keinginan konsumen sebagai pengadu. Saya yakin, jika cara berpikir dan bertindak Lembaga Finance senantiasa mempertimbangkan skala kondusifitas, maka sebuah perusahaan dengan  excellence people, excellence thought, dan excellence process, akan dapat terwujud dalam upaya menerapkan misi dan meraih visi perusahaan, tak terkecuali Adira Finance,” imbuh Achmad alQuthfby.

Pimpinan PT. Adira RO Probolinggo Cabang Lumajang Bapak Enas Yudhana ketika dikonfirmasi menyatakan bahwa apapun kami usahakan seoptimal mungkin demi pelayanan excellent terhadap konsumen Adira Finance. Tetap saling menjaga silaturrahim dan kerja samanya,” tutur Enas Yudhana. (rid)

 

 
6 Komentar

Ditulis oleh pada Januari 18, 2012 in BERITA

 

6 responses to “Konsumen Adira Finance Merasa Lega, Denda Bisa Terkurangi

  1. komnas pk-pu Indonesiaperlindungan

    Oktober 2, 2012 at 3:06 am

    HA…..HA…..HA………………………

     
  2. komnaspkpuprobolinggo

    Oktober 11, 2012 at 10:35 pm

    Yth. komnas pk-pu Indonesiaperlindungan

    itu sudah lampau Bapak. memang terjalin hubungan baik antara kami dengan Adira Finance Probolinggo, khususnya mengenai masalah denda

     
  3. efendy

    Februari 4, 2013 at 9:05 am

    wah klo adira dsini cap gaplek motor dah lunas cm tinggal denda boro2 dapat diskon denda e malah dendane nambah

     
  4. pemberontak

    Maret 7, 2014 at 1:00 pm

    adira ASU bajingan lintah darat

     
  5. wawal

    September 2, 2014 at 8:55 am

    bisa mintak contoh surat permohonan pemotongan denda untuk adira finance

     

Tinggalkan Balasan

 
