RSS

Dispendik Kab. Probolinggo Training Pengawas Sekolah

11 Okt

Gbr. Sugeng S Yoga

Probolinggo, Koran DOR

SPM Pendidikan Dasar (Dikdas) adalah ketentuan tentang jenis dan mutu layanan yang harus dipenuhi oleh Pemerintah Kab./Kota (c.q. Disdik dan Kemenag). SPM Pendidikan merinci input dan proses minimal yang harus dipenuhi oleh setiap sekolah/madrasah agar pembelajaran bisa berjalan dengan baik.

Perlu diketahui bahwa Dikdas adalah SD-SMP, payung hukum SPM Dikdas ini adalah Permendiknas RI No 15 Tahun 2010 tentang Standar Pelayanan Minimal Pendidikan Dasar di Kabupaten/Kota.

Pemkab Probolinggo melalui Dispendik Kab. Probolinggo menggelar Training Of Trainer SPM Dikdas Bagi Pengawas Sekolah, di Islamic Centre Kraksaan. Acara tersebut dilaksanakan selama 3 hari (11-13 Oktober).

Sugeng S Yoga, Penanggung Jawab Basic Education Capacity Trust Fund (BECTF) mengatakan, SPM sangat diperlukan oleh karena menjadi tolok ukur kinerja pelayanan pendidikan dasar melalui jalur pendidikan formal yang diselenggarakan daerah kab/kota. “Pelatihan ini adalah pelatihan kepada para pengawas mengenai Standar Pelayanan Minimal (SPM). Negara kita telah membuat Standar Nasional Pelayanan (SNP) untuk menjadi tolok ukur nilai SPM yang harus dicapai. Jika SPM Dikdas Kab. Probolinggo diketahui, maka jika SPM tersebut masih kurang dari SNP yang ditentukan, maka kita bisa melakukan evaluasi dan menentukan langkah-langkah apa yang akan kami lakukan guna memenuhi SNP. Disini sebanyak 55 asessor dilatih,” tutur Sugeng S Yoga.

Acara tersebut menghadirkan 3 narasumber. Narasumber pertama adalah Bapak Roziqin, Pengawas Dikmen yang menyandang sebagai pengawas teladan nasional. Narasumber kedua, Suyitno, juara 3 pengawas teladan Nasional. Sedangkan narasumber ketiga adalah Hari wisodo, Dosen dari Universitas Negeri Malang. (rid)

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Oktober 11, 2012 in BERITA

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: