RSS

Wajib Pulang Sebelum Nyoblos: 886 Calhaj Berangkat Lebih Awal

11 Okt

Gbr. Salah satu calon jama’ah haji yang diberangkatkan pada Sabtu (22/9) siang

Probolinggo – Sebagaimana himbauan untuk tidak Golput dari KPUD Kab. Probolinggo, sepertinya jama’ah haji pun terkena efeknya. Untuk memaksimalkan hak pilih yang dimiliki masyarakat Kab. Probolinggo pada Pilkada 08 November 2012, sebanyak 886 calon jama’ah haji (calhaj) diberangkatkan lebih awal.

Ada beberapa titik spot untuk mengakomodasi para jama’ah haji. Sejauh pantauan, para jama’ah haji dikumpulkan di Masjid PJB Paiton dan sebagian lagi di Masjid Agung Raudlah Kraksaan. Kemudian dari dua titip spot tersebut, para jama’ah haji dikumpulkan menjadi satu di Miniatur Ka’bah yang terletak di Ds. Curah Sawo Kec. Gending. Kemudian, Para jama’ah haji dilepas langsung oleh Bupati Probolinggo Drs. H. Hasan Aminuddin, M.Si.

Sebenarnya, para calhaj tersebut tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 5 dan 6 dan merupakan gelombang pertama. Mestinya, mereka berangkat pada gelombang kedua. Tapi karena pada 8 November ada pilkada, Bupati Probolinggo Drs. H. Hasan Aminuddin, M.Si berkirim surat kepada Kanwil Kemenag Jatim agar calhaj Kabupaten Probolinggo berangkat lebih awal.

“Saya mengajukan kepada Kanwil Kemenag agar calon jemaah haji berangkat lebih awal karena ada pilkada. Mereka akan pulang pada 2 November. Dengan begitu, mereka bisa menyalurkan suaranya untuk memilih pemimpin Kabupaten Probolinggo periode selanjutnya,” jelas Bupati Probolinggo Drs. H. Hasan Aminuddin, M.Si.

Dari awal hingga keberangkatannya, tidak ada kendala yang cukup menganggu jama’ah haji. “Alhamdulillah, tak ada halangan berarti. Sempurna,” kata Bupati Probolinggo Drs. H. Hasan Aminuddin, M.Si.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Probolinggo Bustomi mengatakan, kepada keluarga jama’ah haji kami akan melakukan pelayanan semaksimal mungkin. Kemenag telah melakukan beberapa penyempurnaan. Selama melaksanakan ibadah haji, para calhaj akan didampingi oleh beberapa petugas haji yang terdiri dari ketua kloter, pembimbing, dokter dan paramedis. “Petugas ini sudah dibekali dengan berbagai macam obat untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada calhaj selama berada di tanah suci,” ujar Bustomi.

Sejauh ini, ada tiga pasangan calon yang akan mengikuti bursa Pilkada 2012. Berkas mereka sudah dinyatakan lengkap oleh KPU sebagai pasangan calon. Mereka adalah istri Bupati Probolinggo Hj. Tantri Hasan Aminuddin,. SE yang berpasangan dengan Drs. Timbul Prihanjoko, mantan Sekda Kusnadi dengan Wahid Nurrahman, dan Wakil Bupati Salim Qurays dengan Agus Setiawan.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Oktober 11, 2012 in BERITA

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: