RSS

MK Kuatkan Kemenangan Pasangan “HATI” di Pilkada Kab. Probolinggo

13 Des

Probolinggo,

Kemenangan pasangan HATI semakin termantapkan dengan ditolaknya seluruh gugatan pemohon oleh Mahkamah Konstitusi (MK). Putusan MK dibacakan dua kali, dikarenakan ada dua permohonan gugatan (dari Tim BAGUS dan Tim KAWAN) dengan satu substansial. Dua putusan tersebut dibacakan pada hari Kamis (13/12), dengan waktu yang berbeda.

 

Tim BAGUS mengajukan gugatan dan terdaftar dengan Nomor Perkara: 93/PHPU.D-X/2012, sedangkan Tim KAWAN terdaftar dengan Nomor Perkara: 92/PHPU.D-X/2012.

 

Tim BAGUS menunjuk Fahmi H. Bachmid, S.H., M.Hum. Dkk., Advokat/Konsultan Hukum yang berkantor pada Kantor Hukum “Fahmi H. Bachmid & Rekan” beralamat di Jalan Ikan Buntek Nomor 8, Perak Barat, Surabaya, sebagai kuasa hukumnya. Sedangkan Tim KAWAN menunjuk Saleh, S.H., M.H. Dkk., Advokat/Pengacara pada “Saleh, S.H., M.H. & Partners” beralamat di Gedung Hijau, Jalan Raya Lenteng Agung Nomor 22, Jagakarsa, Jakarta Selatan, sebagai kuasa hukumnya.

 

Disamping itu, KPU Kab. Probolinggo menunjuk Robikin Emhas, S.H., M.H., Arif Effendi, S.H., Syarif Hidayatullah, S.H., MBA., Syamsudin Slawat P., S.H., dan Syamsul Huda Yudha, S.H., para Advokat  dan Konsultan Hukum pada kantor hukum Art & Partner, attorneys at law, beralamat di Menara Kuningan 8th Floor Suite C-2, Jalan H.R. Rasuna Said Blok X-7 Kav.5, Jakarta, sebagai kuasa hukumnya. Sedangkan pasangan HATI menunjuk Andy Firasadi, S.H., M.H., Anthony L. J. Ratag, S.H., Wakit Nurohman, S.H., Martin Hamonangan, S.H., M.H., Mahendra, S.H., M. Hum, dan Susantya C. Widi Paulus, S.H., Advokat yang berkantor pada Badan Bantuan Hukum dan Advokasi DPD PDI Perjuangan Jawa Timur, beralamat di Jalan Kendangsari Industri 57, Surabaya, sebagai kuasa hukumnya.

 

Yang menjadi pokok permohonan yang dipersoalkan oleh kedua pemohon (KAWAN & BAGUS) pada  pokoknya  mendalilkan bahwa telah terjadi pelanggaran dalam Pemilukada Kabupaten Probolinggo Tahun 2012 yang bersifat terstruktur, sistematis, dan masif yang dilakukan oleh Termohon (KPU Kab. Probolinggo) dan Pihak Terkait (HATI) dalam  pelaksanaan Pemilukada Kabupaten Probolinggo, antara lain, adanya kampanye di luar jadwal, pelibatan pejabat dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kabupaten Probolinggo, penyalahgunaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), adanya intimidasi dan politik uang (money  politic), proses pelaksanaan Pemilukada berlangsung  tidak  jujur  dan  tidak  adil  serta  penuh dengan praktik kecurangan, adanya pemilih fiktif dalam Daftar Pemilih Tetap.

 

Namun MK menganggap bahwa dalil-dalil kedua gugatan yang dimohonkan oleh kedua kandidat tersebut tidak tidak terbukti menurut hukum. Sehingga sembilan Hakim Konstitusi, yaitu Moh. Mahfud MD selaku Ketua merangkap Anggota, Achmad Sodiki, M. Akil Mochtar, Muhammad Alim, Hamdan Zoelva, Harjono, Ahmad Fadlil Sumadi, Maria Farida Indrati, dan Anwar Usman, masing-masing sebagai Anggota, didampingi oleh Achmad Edi Subiyanto sebagai Panitera Pengganti, serta dihadiri oleh Pemohon/Kuasanya, Termohon/Kuasanya, Pihak Terkait/kuasanya, memutuskan menolak seluruh gugatan kedua pemohon. (rid)

 

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Desember 13, 2012 in BERITA

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: