RSS

Untuk Kepastian Hukum Perlindungan Konsumen, Kantor Komnas PK-PU Indonesia Cabang Probolinggo Telah Dibuka

13 Des

Probolinggo,

Kini masyarakat konsumen pengguna barang/jasa bisa mengadukan hal-hal yang dirasa merugikan ke kantor Komite Nasional Perlindungan Konsumen & Pelaku Usaha Indonesia (Komnas PK-PU Indonesia) Cabang Probolinggo.

 

Kantor Komnas PK-PU Indonesia Cab. Probolinggo ini resmi dibuka sesuai pengesahan dari Deperindag Kab. Probolinggo dengan Nomor: 510 / 05 / TDL / 426.111 / 2012 tertanggal 11 Desember 2012, dengan alamat kantor: Jl. Ir. H. Juanda No. 172 Kraksaan – Probolinggo. Komnas PK-PU Indonesia Cab. Probolinggo beranggotakan 8 orang, yakni : Achmad Mukhoffi SH., SPd. (Direktur Eskekutif); Aris Syarofi SH. (Sekretaris); Moh. Ridwan (Bendahara); Hasanudin, SH., SHI., MH. (Kadiv. Advokasi); Hendrik (Kadivsus); Didik Sugirman, S.Sos (Kadiv Intelijen); Achmad Syaifullah (Kadiv Pengaduan); dan Ahmad Saihu (Kadiv. Publikasi).

 

Komnas PK-PU Indonesia Cab. Probolinggo mengajak masyarakat membangun solidaritas konsumen agar tidak dirugikan oleh produsen. “Solidaritas konsumen harus dibangun. Konsumen harus bersatu. Kalau bersatu, produsen pasti takut,” kata Achmad Mukhoffi SH., SPd., Direktur Eksekutif Komnas PK-PU Indonesia Cab. Probolinggo, pada Rabu (11/12).

 

Selain itu, kata dia, konsumen juga harus berani melaporkan jika ada hal-hal merugikan. “Keberanian ini diperlukan agar konsumen tidak dirugikan. Jika ada hal merugikan konsumen, laporkan kepada Komnas PK-PU Indonesia Cab. Probolinggo,” kata Khofy.

 

Saat ini, kata dia, banyak konsumen merasa dirugikan dalam hal mengkonsumsi barang/jasa. “Jika merasa tidak sesuai, maka komplain saja atau melaporkan masalah tersebut. Hal ini agar produsen tidak berani sesukanya, sehingga merugikan masyarakat,” katanya.

 

Khofy juga meminta Pemerintah Kabupaten Probolinggo menyediakan tempat-tempat pengaduan perlindungan konsumen guna memudahkan masyarakat menyampaikan keluhannya. “Saat ini banyak masyarakat tidak tahu melapor ke mana setelah merasa dirugikan. Dengan adanya tempat pengaduan tersebut, maka bisa ditindaklanjuti,” sebut Khofy.

 

Menurut Khofy, banyak juga masyarakat atau konsumen dirugikan ketika membeli makanan k adaluwarsa ataupun tidak layak konsumsi. “Instansi terkait mengawasi masalah ini harus lebih aktif dan intens mengawasinya agar konsumen tidak dirugikan. Selain itu, masyarakat juga harus berani komplain kepala produsen atau penjualnya,” ujar Khofy.

 

Khofy menambahkan, jika ada masyarakat merasa dirugikan agar melaporkan atau mendatangi Komnas PK-PU Indonesia Cab. Probolinggo. “Jika ada konsumen merasa dirugikan silakan melapor. Kami akan memfasilitasi konsumen dengan produsen, sehingga didapat solusi penyelesaian masalahnya. Namun jika ada unsur pidana maka itu bukan ranah Komnas PK-PU Indonesia Cab. Probolinggo namun hal tersebut menjadi ranah Kepolisian,” kata Khofy. (rid)

 

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Desember 13, 2012 in BERITA

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: