RSS

Komnas PK-PU Indonesia Cab. Probolinggo Ancam Gugat PLN Kraksaan

19 Feb

PROBOLINGGO (sindopos) – Kinerja PLN yang akhir-akhir ini sering dikeluhkan warga Kabupaten Probolinggo. Pasalnya, aliran listrik sering padam, voltase yang labil, dan itu dapat menyebabkan kerusakan alat-alat elektronik milik warga.

Hal ini banyak dikritisi oleh beberapa kalangan masyarakat, diantaranya Komnas PK-PU Indonesia Cab. Probolinggo, sebagai Lembaga Perlindungan Konsumen yang ada diwilayah Kabupaten Probolinggo.

Achmad Mukhoffi, S.Pd., S.H, Direktur Eksekutif Komnas PK-PU Indonesia Cab. Probolinggo, saat ditemui dikantornya Jl. Ir. H. Juanda No. 172 Kraksaan, Jum’at (15/02/2013), memberikan penjelasan, “Potret jebloknya layanan PT PLN selaku penyedia tunggal ketenagalistrikan di Indonesia sejatinya bukan kisah baru. Pada tataran normatif, berbagai kasus pengaduan, terutama masalah pemadaman yang kini menjadi hantu baru bagi konsumen listrik, merupakan bentuk pelanggaran hak-hak publik, yang diduga dilakukan oleh PT PLN sebagai operator. Bentuk pelanggaran hak itu bisa diteropong dari berbagai perspektif regulasi yang melingkupinya, seperti Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (UUPK), UU Nomor 15 Tahun 1985 tentang Ketenagalistrikan, Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 104 Tahun 2004 tentang Harga Jual Tenaga Listrik yang disediakan PT PLN, maupun SK Direktur Jenderal Listrik dan Pemanfaatan Energi (Dirjen LPE) Nomor 114 Tahun 2003 tentang Tingkat Mutu Layanan yang harus dideklarasikan oleh PLN. Pasal 4 UUPK menyebutkan bahwa konsumen berhak mendapatkan kenyamanan, keamanan, dan keselamatan saat menggunakan suatu produk barang dan/atau jasa,” jelas pemuda yang akrab dipanggil Khofy ini.

Lanjut Khofy, “Menurut hemat saya, PLN diduga kuat melanggar kewajiban hukum PLN selaku penyedia tenaga listrik. Sesuai Pasal 29 ayat (1) huruf b UU No. 30 Tahun 2009 tentang Ketenagalistrikan, konsumen berhak mendapat tenaga listrik secara terus menerus dengan mutu dan keandalan yang baik.  Faktanya, ketika terjadi pemadaman di Ds. Selogudig Kulon, konsumen yang kena getahnya. Ratusan alat elektronik milik warga setempat rusak saya kira tidak terlepas dari dugaan kelalaian PLN dalam mengoperasikan gardu. PLN seharusnya mempunyai cadangan jalur pendistribusian tenaga listrik sebagai upaya antisipatif, PLN semestinya juga menyediakan sumber tenaga listrik alternatif. Melalui tim advokasi Komnas PK-PU Indonesia Cab. Probolinggo, konsumen bisa menggugat PLN, dan untuk unsur pidana dalam UUPK akan kami dalami”, terangnya.

http://sindopos.com/berita-892-komnas-pkpu-indonesia-cab-probolinggo-ancam-gugat-pln-kraksaan.html

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Februari 19, 2013 in BERITA

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: