RSS

Cegah Kecurangan: Komnas PK-PU Indonesia Sidak Dua Gudang Tembakau

06 Okt

Probolinggo
Kecurangan didalam pembelian tembakau sangat mungkin terjadi, dan ini menjadi “hot issue” yang terjadi di Kab, Probolinggo. Diantara celah kecurangannya, diantaranya adalah grade tembakau yang sengaja diturunkan, masuknya tembakau dari luar daerah Kab. Probolinggo, dll.

Diantara Lembaga Perlindungan Konsumen yang ada, hanya Komnas PK-PU Indonesia Cab. Probolinggo yang sangat insentif melakukan langkah antisipatif dalam mencegah adanya kecurangan yang dilakukan oleh pelaku usaha. Komnas PK-PU Indonesia Cab. Probolinggo sebagai Lembaga yang diakui Pemerintah salah satu tupoksi adalah melakukan pengawasan barang atau jasa yang beredar.

Rabu (25/9), Komnas PK-PU Indonesia Cab. Probolinggo menggelar aksi sidak terhadap dua gudang tembakau, yakni UD. Giri Sentosa milik Pak Jimmy dan CV. Kusuma Mandiri Jaya milik Pak Asyung.

Sesuai pantauan Koran DOR, pada dua gudang tembakau yang tersidak oleh Komnas PK-PU Indonesia Cab. Probolinggo, grade tembakau-nya sudah relatif standar, serta para pedagang sudah merasa harga tembakau musim 2013 sudah tidak membuat mereka kecewa.

Kepada Koran DOR, Dir. Eksekutif Komnas PK-PU Indonesia Cab. Probolinggo mengaku bahwa banyak hal yang masih perlu mereka evaluasi. “Dari hasil monitoring kami masih banyak beberapa hal yang masih harus dan perlu segera dievaluasi. Semua itu akan kami tuangkan didalam laporan hasil monitoring yang akan kami serahkan kepada yang gudang-gudang tembakau yang termonitoring. Monitoring ini adalah manifestasi sikap kritik konstruktif terhadap gudang-gudang tembakau. Kritis tersebut berarti melakukan pembacaan & pemantauan secara proporsional terhadap gudang-gudang tembakau, baik terhadap grade, transparansi, kuantitas sampling tembakau, dan praktik riil yang dilakukan oleh gudang-gudang tembakau tersebut,” tukas Dir. Eksekutif Achmad Mukhoffi, SH., SPd.

Mayoritas karyawan dan pedagang tembakau pada dua gudang tembakau tersebut merasa sangat senang dan sangat apresiatif terhadap monitoring yang dilakukan oleh Komnas PK-PU Indonesia Cab. Probolinggo. “Kami sangat berapresiasi terhadap langkah monitoring atau turba langsung yang dilakukan oleh Komnas PK-PU Indonesia Cab. Probolinggo. Ke depan program semisal ini perlu diintensifkan sebagap upaya antisipatif sehingga dapat menciptakan iklim usaha yang kondusif,” aku beberapa karyawan & pedagang tembakau pada Gudang UD. Giri Sentosa dan CV. Kusuma Mandiri Jaya. (rid)

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Oktober 6, 2013 in BERITA

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: