RSS

Eksekusi Tanah oleh PN Kraksaan Menuai Protes Keras !

06 Okt

Probolinggo
Proses eksekusi yang di lakukan oleh PN Kraksaan pada Kamis (4/7) pagi di Ds. Taman Kec. Paiton, menuai protes dari kuasa hukum termohon eksekusi.

PN Kraksaan melakukan eksekusi tersebut atas dasar permohonan dari pemenang lelang. Proses lelang tersebut dilakukan oleh PT. BPRS Bumi Rinjani Probolinggo melalui KPKNL Jember, sebab dua orang debitur Sulastri dan Erna Susianti warga Ds. Triwungan Kec. Kota Anyar tersebut dianggap wanprestasi.

Kuasa Hukum dari Sulastri & Erna Susianti, Hasanudin, SH, SHI, MH dari Law Firm Hasanudin, SH, SHI, MH menyatakan proses eksekusi yang dilakukan PN Kraksaan sangat jauh dari rasa keadilan dan hanya cenderung membela kepentingan kapitalis ekonomi.

“Sisa hutang termohon eksekusi di PT. BPRS Bumi Rinjani Probolinggo hanya sisa 10 Juta Rupiah. Mengapa harus dilakukan lelang?. Apalagi bentuk dari risalah lelang tersebut itu bukan termasuk kondemnatoir, tapi masuk konstitutif. Putusan konstitutif tersebut sifatnya tidak ada diktum eksekusi. Yang mengandung perintah eksekusi adalah putusan yang tergolong kondemnatoir. Selain itu, PT. BPRS Bumi Rinjani Probolinggo ini memang diduga banyak bermasalah karena banyak mendapat gugatan secara hukum dari para debiturnya”, ujar Hasanudin ketika melakukan perlawanan argumentatif terhadap Panitera Sekretaris (Pansek) PN Kraksaan dalam proses eksekusi pada Kamis (4/7).

Achmad alQuthfby, SH, SPd yang juga mengikuti proses eksekusi tersebut menyatakan, “Kenapa Ketua PN Kraksaan berani mengeluarkan penetapan eksekusi?. Padahal bentuj putusan tersebut adalah bersifat konstitutif. Serta perlu diketahui bahwa UUHT tersebut belum ada ketentuan peraturan pelaksanaannya yang berupa Peraturan Pemerintah. Jadi belum bisa dilaksanakan”.

Pansek PN Kraksaan H. Purnomo, SH, MH ketika diprotes oleh Kuasa Hukum para debitur menyatakan, “Jika ada keluhan dan apapun yang menjadi sebab ketidak berterimaan para Kuasa Hukum maka silahkan melayangkan gugatan, ke PN Kraksaan. Saya melakukan eksekusi ini berdasarkan perintah dan penetapan dari Ketua PN Kraksaan Taufan Mandala, SH, MH. Yang bisa menghentikan kami hanya yang memberikan perintah kepada kami yakni Ketua PN Kraksaan”. (rid)

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Oktober 6, 2013 in BERITA

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: