RSS

Komnas PK-PU Cab. Probolinggo Laporkan Pelaku Usaha Penjual Besi Tak SNI

06 Okt

Probolinggo
Keseriusan Komnas PK-PU Indonesia Cab. Probolinggo untuk menjunjung tinggi supremasi hukum Undang-Undang Perlindungan Konsumen (UUPK) adalah bukan wacana belaka, namun dimanifestasikan secara riil.

Komnas PK-PU Indonesia Cab. Probolinggo melakukan survei riil terhadap salah satu pelaku usaha pemilik toko bangunan didaerah Ds. Pajurangan Kec. Gending bernama Toko Rejeki Jaya. Hasil survei, diduga kuat masih banyak penjualan barang yang seharusnya terlarang untuk diperjual belikan, namun masih saja diperjual belikan. Pemerintah bersinergi dengan konsumen, pelaku usaha, serta ahli telah duduk bersama, kemudian menelurkan standar wajib sebuah barang untuk diperjual belikan secara luas kepada masyarakat konsumen. Standar wajib tersebut dikenal dengan istilah Standar Nasional Indonesia (SNI). Salah satu yang wajib ber-SNI adalah Besi Baja Tulang Beton, atau lebih masyhur dikenal dengan besi urat beton.

“Kami melaporkan penjualan besi yang kami duga tidak ber-SNI tersebut karena sangat membahayakan keselamatan dan keamanan konsumen, serta juga memang terdapat sanksi pidana terhadap pejualan barang yang tidak standar sebagaimana Pasal 8 jo Pasal 62 UUPK. Pemberlakuan SNI secara wajib terhadap Besi Urat Beton tersebut adalah sesuai dengan Peraturan Menteri Perindustrian RI No: 06 / M-IND / PER / 2 / 2008 tentang Pemberlakuan Standar Nasional Indonesia (SNI) Baja Tulangan Beton Secara Wajib. Kami sudah melakukan pelaporan di SPK Mapolsek Gending dengan Laporan Polisi No: LP / 4 / III / 2013 / Polsek tertanggal 03 April 2013,” tutur Achmad Mukhoffi, S.Pd., S.H., Dir. Eksekutif Komnas PK-PU Indonesia Cab. Probolinggo.

Kanit Reskrim Polsek Gending ketika dikonfirmasi, menyatakan, “Kami terima laporan dari Komnas PK-PU Indonesia Cab. Probolinggo, dan kami akan segera melakukan proses hukum sesuai mekanisme peraturan perundang-undangan”. (rid)

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Oktober 6, 2013 in BERITA

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: