RSS

Komnas PK-PU Indonesia Sidak PT. Gudang Garam 1 Paiton & PT. Esa Paiton

06 Okt

Probolinggo
Tranparansi dan sikap fair mengenai pembelian tembakau yang dilaksanakan Perusahaan-Perusahaan Rokok Nasional menjadi bidikan Komnas Perlindungan Konsumen & Pelaku Usaha Indonesia (Komnas PK-PU Indonesia) Cab. Probolinggo.

Pada Rabu (18/9), 4 orang anggota Komnas PK-PU Indonesia (yang dipimpin Dir. Eksekutif Komnas PK-PU Indonesia Cab. Probolinggo Achmad Mukhoffi, SH, SPd) melakukan Sidak (Inspeksi Mendadak) kepada 2 Perusahaan yang melakukan pembelian tembakau, yakni PT. Gudang Garam 1 Paiton dan PT. Esa Paiton. Sidak di PT. Gudang Garam 1 Paiton, Komnas PK-PU Indonesia langsung ditemui oleh para pemimpin PT. Gudang Garam 1 Paiton diantaranya Mr. Hengki dan Mr. Boy. Sidangkan Sidak di PT. Esa Paiton, Komnas PK-PU Indonesia ditemui langsung pula oleh para pimpinan PT. Esa Paiton diantaranya Mr. Embun dan Bpk. Arif.

Didalam kajiannya, ada beberapa point yang menjadi concern Sidak oleh Komnas PK-PU Indonesia. Pertama, memastikan ada papan informasi terhadap grade/klasifikasi tembakau beserta harganya. Sehingga setiap orang (pedagang, petani, dan masyarakat) bisa mengetahui dengan mudah, dan merasa terpenuhi unsur transparansi/informasi untuk publik. Kedua, penjualan tembakau oleh pedagang dari luar Kab. Probolinggo. Ketiga, praktik monopoli & diskriminasi penjualan tembakau. Keempat, kuantitas poster yang diambil. Kelima, kepastian hukum para tenaga kerja musiman yang dipekerjakan.

Ketika menerima kedatangan para anggota Komnas PK-PU Indonesia, Mr. Boy representasi dari PT. Gudang Garam 1 Paiton mengungkapkan bahwa dirinya sangat bersyukur atas kedatangan Komnas PK-PU Indonesia di Perusahaan tempay dia bekerja. “Saya sangat senang kehadiran Komnas PK-PU Indonesia, setidaknya ini menjadi kontrol bagi Perusahaan untuk ke depan menjadi lebih baik,” ujar Mr. Boy kepada Koran DOR pada Rabu (18/9).

Senada dengan Mr. Boy, PT. Esa Paiton yang direpresentasikan oleh Bpk. Arif kepada Koran DOR mengaku sangat mengapresiasi langkah Komnas PK-PU Indonesia untuk melakukan monitoring dibeberapa Perusahaan Rokok. “Dengan tangan terbuka kami menerima kedatangan Komnas PK-PU Indonesia di Perusahaan kami. Kami akan menjelaskan sedetil-detilnya kepada Komnas PK-PU Indonesia mengenai Perusahaan kami,” tandas Bpk. Arif pada Rabu (18/9).

Setelah melakukan monitoring, Komnas PK-PU Indonesia akan memberikan rekomendasi hasil sidak tersebut kepada Perusahaan-Perusahan yang usai disidak tersebut, dengan kemudian akan ditembuskan kepada Perusahaan induknya. “Kami melakukan monitoring ini guna menjalankan amanah Undang-Undang. Ini menjadi kewenangan kami sebagaimana Pasal 1 & Pasal 44 UU 8/1999, Pasal 8 PP 59/2001, Pasal 10 PP 58/2001, Dll. Semua amanah peraturan perundang-undangan ini kami laksanakan guna menciptakan keadialan yang berkepastian hukum serta menciptakan iklim usaha yang kondusif. Nanti hasil rekomendasi akan kami berikan,” tegas A. Mukhoffi. (rid)

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Oktober 6, 2013 in BERITA

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: