RSS

Merasa Ditipu Tarif Promo Simpati, Konsumen Lapor Polisi

06 Okt

Probolinggo
Kesadaran masyarakat terhadap hukum, terutama dalam ranah perlindungan konsumen sepertinya mulai menggurita. Ini pertanda masyarakat mulai menyadari akan hak-hak yang dimilikinya sebagai pengguna barang dan atau jasa (konsumen, red).

Beberapa bulan yang lalu, Simpati (Telkomsel) mengeluarkan produk kartu perdana. Beberapa masyarakat sangat tertarik dengan kartu perdana Simpati tersebut, karena memiliki tarif promo. Tarif promo yang ditawarkan kepada masyarakat adalah paket layanan full service BlackBerry Messenger selama 90 hari dengan biaya pulsa hanya Rp. 90.000.

Ir. Abu Asmara sekeluarga sangat tertarik dengan tarif promo yang ada pada kartu perdana Simpati tersebut. “Awalnya saya sangat tertarik dengan tarif promo yang tercantum didalam kartu perdana Simpati tersebut. Saya pun membeli kartu perdana tersebut dengan harga Rp. 25.000, dan mengisi pulsa senilai Rp. 100.000. Setelah saya daftarkan paket layanan full service BlackBerry Messenger, pulsa saya terpotong sebesar Rp. 90.000. Sejak 6 Februari 2013, paket layanan full service BlackBerry Messenger saya aktif. Namun pada tanggal 06 Maret 2013, paket layanan full service BlackBerry Messenger saya sudah tidak aktif lagi,” tukas Abu, warga Kel. Patokan Kec. Kraksaan, ketika menjalani pemeriksaan sebagai pelapor di ruangan Unit Idik III Polres Probolinggo, pada Senin (25/3).

Sebelumnya, pada Februari 2013 lalu, Abu sekeluarga membeli kartu perdana Simpati promo paket layanan full service BlackBerry Messenger tersebut sebanyak 4 buah, dengan total biaya Rp. 450.000. “Namun setelah sebulan berlalu, paket layanan full service BlackBerry Messenger sudah tidak bisa aktif lagi. Saya sangat kecewa dengan pelayanan komplain Grapari Telkomsel yang tak kunjung menemukan solusi. Akhirnya, saya memilih mengadukan & meminta advokasi mengenai hal ini ke kantor Komnas PKPU Indonesia Cab. Probolinggo. Akhirnya saya membuat surat pengaduan kepada pihak yang berwajib untuk menindak lanjuti pengaduan saya mengenai dugaan penipuan tarif promo paket layanan full service BlackBerry Messenger tersebut,” seloroh Abu. Selain Ir. Abu Asmara, ada lima orang lagi yang turut melakukan pengaduan yakni: Vonny Libriastutik, Nur Avdiranny Asmara, Fauzi, S.Sos, Asmarani Nirwana, S.Sn., Zainul Wahid, SH.

Ditemui dikantornya, Dir. Eksekutif Komnas PKPU Indonesia Cab. Probolinggo Achmad Mukhoffi alQuthfby, SPd., SH., mengenai tarif promo paket layanan full service BlackBerry Messenger kartu Simpati tersebut mengatakan, “Benar kami menerima pengaduan dugaan penipuan tarif promo paket layanan full service BlackBerry Messenger kartu Simpati. Kami sudah tindak lanjuti kepada pihak yang berwajib, Laporan Polisinya Nomor: 119/III/2013/Polres. Karena setelah kami teliti, unsur sanksi pidana dalam UU Perlindungan Konsumen, hemat kami terpenuhi. Pintu gerbang ranah pidana berada dipundak rekan Polri. Kita ikuti saja bagaimana proses hukumnya”.

Gita, Customer Service Grapari Telkomsel Probolinggo, ketika dikonfirmasi via seluluernya oleh Koran DOR, terkait pengaduan Abu sekeluarga mengenai paket layanan full service BlackBerry Messenger kartu Simpati, tidak memberikan respon. (rid)

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Oktober 6, 2013 in BERITA

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: