RSS

Anggota BPSK Kab. Probolinggo Periode 2013-2018 Dilantik

04 Nov

Probolinggo, Koran DOR

Di tengah carut marut situasi ekonomi yang membuka peluang bagi pelaku usaha menghalalkan segala cara untuk sekedar mempertahankan usahanya, konsumen secara umum berada dalam posisi yang lemah. Mereka sangat membutuhkan perlindungan dalam berbagai hal terutama dari Pemerintah. Untuk memenuhi amanat Undang undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan Keputusan Presiden RI No. 27 Tahun 2012 tentang Pembentukan Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kabupaten Probolinggo maka pada Rabu (23/10) Pemerintah Kab. Probolinggo menggelar Pelantikan dan Pengambilan Sumpah 9 Anggota Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kabupaten Probolinggo masa bhakti 2013-2018 di Pendopo Kab. Probolinggo. Pelantikan dan pengambilan sumpah 9 orang Anggota BPSK Kab. Probolinggo tersebut dilaksanakan oleh Sekretaris Daerah Kab. Probolinggo H. M. Nawi, SH, M.Hum.

 

9 orang Anggota BPSK Kab. Probolinggo yang dilantik tersebut adalah Hasanudin, SH, SHI. MH.; Hasan, SPd.; Hamid, SH.; Mustain, SE.; Imam Buchori, SE.; Drs. Sofyan Hadi; dr. Dyah Kuncarawati, MM.Kes.; Samsul Hidayat, S.Sos.; M. Hariyadin, SH, M.Hum.

 

Menanggapi pelantikan 9 orang Anggota BPSK Kab. Probolinggo tersebut, Dir. Eksekutif Komnas PK-PU Indonesia Probolinggo Achmad Mukhoffi, SH, SPd. keapda Koran DOR menyatakan, “Ketidak seimbangan dalam hal ekonomi (unbalances in economic term), Level Pendidikan (educational levels) dan daya tawar (bargaining power) adalah gambaran kelemahan konsumen sebagaimana tertuang dalam resolusi PBB No.39/248 tanggal 16 April 1985. Maka kebijakan ekonomi yang mengedepankan keseimbangan dan perlindungan konsumen menjadi penting. Jika tidak, Negeri ini mungkin akan menjadi kaya, tetapi rakyatnya tetap akan menjadi tong sampah. Yakni sebuah bangsa konsumen yang selalu diingatkan kewajibannya, tetapi diabaikan hak-haknya akibat dari ketidak seimbangan dalam hal ekonomi, pendidikan dan posisi tawar tadi. Disinilah urgensi eksistensi BPSK. BPSK di Kab. Probolinggo menjadi titik starting point yang akan sangat bermanfaat, khususnya bagi masyarakat konsumen. Kemungkinan ke depan, BPSK Kab. Probolinggo juga akan menanggung beban yang sangat berat, karena cakupan layanan yang tidak dibatasai oleh territorial. Karena menurut ketentuan (Keppres No. 27/2013), konsumen dalam hal ini dapat menggugat pelaku usaha melalui BPSK ditempat domisili konsumen atau pada BPSK terdekat. Atas nama peribadi dan Lembaga Komnas PK-PU Indonesia Probolinggo, kami mengucapkan Selamat Atas Dilantiknya Anggota BPSK Kab. Probolinggo. (rid)

 

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada November 4, 2013 in BERITA

 

2 responses to “Anggota BPSK Kab. Probolinggo Periode 2013-2018 Dilantik

  1. H. MUCHAMMAD USMAN MH.

    September 21, 2014 at 12:28 pm

    selamat dan sukses atas terlantiknya 9 orang ANGGOTA MAJELIS BPSK KABUPATEN PROBOLINGGO, semoga dengan adanaya BPSK di wilayah Probolinggo bisa menjembatani sengketa konsumen dan pelaku usaha NAKAL yang selama ini terkesan AROGAN di saat konsumen mengalami terlambat membayar Angsuran kredit kendaraan bermotor,,,,,,gara-gara telat bayar kendaraannya di sita PAKSA oleh para kolektor atas suruhan BANK atau LEASING (Lembaga Pembiayaan) dengan serta merta merampas kendaraan milik konsumen (mobil atau motor) di jalan-jalan tak ubahnya para kolektor tersebut bertindak sebagai PENGADILAN JALANAN, sedangkan hal tersebut tidak di perkenan oleh peraturan perundangan manapun tanpa prosedur hukum yang jelas, dan itu wajib di BERANTAS HABIS.Saya sangat mendukung dengan terbentuknya KANTOR SEKRETARIAT BPSK DI PROBOLINGGO dan para Aktifis LEMBAGA PERLINDUNGAN KONSUMEN di manapun kalian berada semoga ALLAH,SWT selalu memberi petunjuk dan di mudahkan urusan semua terkait melawan pelaku usaha NAKAL,,,,, Aamien dan SALAM SUKSES.

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: