RSS

Sinar Mas Finance Mojokerto Digugat Konsumen

18 Mar

Probolinggo,

Pemberdayaan konsumen memang akhir-akhir ini sedang gencar. Paradigma kesetaraan antara konsumen dengan pelaku usaha terus disosialisasikan baik oleh Lembaga Pemerintah, mau pun oleh NGO semisal LPKSM.

 

Hasil sosialisasi tersebut memang tidak membawa dampak yang sangat massif, namun cukup membawa dampak yang siginifikan. Banyak konsumen yang sudah mulai cermat & cerdas dalam memanfaatkan/membeli barang dan/atau jasa dari para pelaku usaha.

 

Selasa (11/2), seorang konsumen yang bernama Suradi, menggugat PT. Sinar Mas Multifinance yang beralamat di Jl. Empunala No. 85 Mojokerto melalui BPSK Kab. Probolinggo.

 

Suradi yang beralamat di Dsn. Kowang RT.17/RW.05 Ds. Gebang Sari Kec. Jatirejo Kab. Mojokerto, menggugat PT. Sinar Mas Multifinance sebab PT. Sinar Mas Multifinance telah melakukan penyitaan terhadap mobil panther dengan Nopol S 1469 ND miliknya.

 

Sidangan arbitrase di BPSK Kab. Probolinggo dalam kasus Suradi ini di sidangkan oleh 5 anggota majelis, yakni Drs. Sofyan Hadi; Hasan, SPd; M. Haryadin, SH, MHum; Mustain, SE; Hasanudin, SH, SHI, MH.

 

PT. Sinar Mas Finance yang diwakili oleh stafnya bernama Rachmad berdalih melakukan penyitaan sebab Suradi telah menunggak angsurannya kurang lebih 1 Tahun. “Kami terpaksa melakukan penyitaan unit jaminan, sebab Suradi telah menunggak dan tidak dapat melakukan penyetoran. Apalagi mobil tersebut bukan milik Suradi namun milik Suyati,” tandas Rachmad.

 

Didepan persidangan, Suradi juga memberikan beberapa keterangan diantaranya bahwa Suradi telah meminta re-scheduling agar dirinya bisa mengangsur dengan lebih ringan. “Saya telah meminta hutang saya untuk diperpanjang, sehingga angsurannya bisa lebih ringan. Namun tidak ada respon dari PT. Sinar Mas Finance, malah PT. Sinar Mas Finance melakukan penyitaan terhadap mobil saya tersebut”.

 

Lanjut Suradi, “Mobil saya disita pada 10 Januari 2014. Pada waktu itu para juru tagih dari PT. Sinar Mas Finance mendatangi saya dan meiming-imingi saya bawha PT. Sinar Mas Finance akan meringankan angsuran dengan syarat saya harus membawa mobil saya ke Kantor PT. Sinar Mas Finance. Saya pun tertarik dan saya pun membawa mobil saya ke kantor PT. Sinar Mas Finance. Sesampainya di kantor PT. Sinar Mas Finance, salah seorang juru tagih PT. Sinar Mas Finance meminta kunci mobil saya dengan dalih akan melakukan cek fisik. Namun ternyata juru tagih PT. Sinar Mas Finance tersebut telah membawa lari mobil saya dan saat ini mobil saya tersebut berada dalam penguasaan PT. Sinar Mas Finance”.

 

Mengenai persidangan arbitrase di BPSK Kab. Probolinggo, didepan majelis arbiter, Rachmad dari PT. Sinar Mas Finance menyatakan tidak berkeberatan jika kasus Suradi di sidangkan di BPSK Kab. Probolinggo. Sidang ditunda Selasa, 18 Februari 2014 dengan agenda pembuktian. (*)

 

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Maret 18, 2014 in BERITA

 

Tinggalkan Balasan

 
