RSS

PELAKSANAAN LELANG WAJIB DIBATALKAN JIKA ADA GUGATAN DARI PIHAK KETIGA (MENGENAI SENGKETA KEPEMILIKAN)

24 Agu

 

DSCN16152

 

Jika ada gugatan dari pihak ketiga mengenai sengketa kepemilikan maka pelaksanaan lelang wajib dibatalkan berdasarkan dalil-dalil berikut :

  • Pasal 13 ayat (1) Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 106/PMK.06/2013 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 93/PMK.06/2010 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Lelang : “Dalam hal terdapat gugatan terhadap objek lelang hak tanggungan dari pihak lain selain debitor/tereksekusi, suami atau istri debitor/tereksekusi yang terkait kepemilikan, pelaksanaan lelang dilakukan berdasarkan title eksekutorial dari Sertifikat Hak Tanggungan yang memerlukan fiat eksekusi”.
  • Pasal 13 ayat (2) Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 106/PMK.06/2013 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 93/PMK.06/2010 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Lelang : “Permohonan atas pelaksanaan lelang sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan oleh Pengadilan”.

Petunjuk Pelaksanaan Lelang sebagaimana terakhir diubah dengan Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia No. 106/PMK.06/2013 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Keuangan No. 93/PMK.06/2010 tentang Petunjuk Pelaksanaan Lelang, dalam hal terdapat gugatan terhadap objek lelang hak tanggungan dari pihak lain selain debitor/tereksekusi, suami atau istri debitor/tereksekusi yang terkait kepemilikan, pelaksanaan lelang dilakukan berdasarkan titel eksekutorial dari Sertifikat Hak Tanggungan yang memerlukan fiat eksekusi. Selama ada gugatan terhadap objek lelang hak tanggungan dari pihak lain selain debitor/tereksekusi, suami atau istri debitor/tereksekusi yang terkait kepemilikan, maka pelaksanaan lelang hanya dapat dilakukan berdasarkan titel eksekutorial dari Sertifikat Hak Tanggungan yang memerlukan fiat eksekusi, dan permohonan atas pelaksanaan lelang dilakukan oleh Pengadilan (BUKAN OLEH KREDITUR).

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada Agustus 24, 2014 in BERITA

 

2 responses to “PELAKSANAAN LELANG WAJIB DIBATALKAN JIKA ADA GUGATAN DARI PIHAK KETIGA (MENGENAI SENGKETA KEPEMILIKAN)

  1. komnas pk-pu Indonesia

    Agustus 29, 2014 at 6:19 am

    MAK GAWAT…………..

     
    • komnaspkpuprobolinggo

      September 21, 2014 at 12:34 pm

      kami profesional saja bapak dalam mengemban amanah dari konsumen. jika gawat itu bentuk dari keprofesionalan maka saksikanlah jika kami gawat sedunia. haha..

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: