RSS

Hasil Pengawasan BPSK Kab. Probolinggo Dinilai Efektif Menegakkan UUPK

25 Agu

Probolinggo,

Pengawasan klausula baku yang menjadi concern para pejuang amanah UU No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen benar-benar sangat terasa efektif untuk menegakkan supremasi hukum perlindungan konsumen yang banyak dinilai sebelah mata, terutama oleh para oknum pelaku usaha nakal.

 

Klausula baku, sesuai definisi Pasal 1 Angka 10 UU No. 8 Tahun 1999 setiap aturan atau ketentuan dan syarat-syarat yang telah dipersiapkan dan ditetapkan terlebih dahulu secara sepihak oleh pelaku usaha yang dituangkan dalam suatu dokumen dan/atau perjanjian yang mengikat dan wajib dipenuhi oleh konsumen.

 

Bandot Wasiadji, seorang konsumen yang beralamat di Jl. Gadang Kel. Gadang Kec. Sukun Malang melakukan pengaduan ke Kantor Komnas PK-PU Indonesia Cab. Probolinggo yang beralamat di Jl. Ir. H. Juanda 172 Kraksaan – Probolinggo mengenai pencantuman klausula baku didalam Perjanjian Pembiayaan Bersama dengan Penyerahan Hak Milik Secara Fiducia No. 033911200648 tertanggal 12 Desember 2011 oleh PT. Adira Dinamika Multi Finance Jl. Dieng 32 Malang.

 

Kemudian Komnas PK-PU Indonesia Cab. Probolinggo meneruskan pengaduan Bandot Wasiadji ke BPSK Kab. Probolinggo untuk dilakukan pengawasan klausula baku yang melanggar UU Perlindungan Konsumen. “Kami meneruskan pengaduan Bandot kepada BPSK Kab. Probolinggo, sebagaimana kewenangan BPSK yakni melakukan pengawasan klausula baku terhadap perjanjian sebagaimana amanah Pasal 52 Huruf c UU 8/1999,” Dir. Eksekutif Komnas PK-PU Indonesia Cab. Probolinggo Achmad Mukhoffi SH., SPd.

 

Lanjut Achmad Mukhoffi SH., SPd., “Berdasarkan Hasil Pengawasan Klausula Baku yang diterbitkan oleh BPSK Kab. Probolinggo No. 08/PK/BPSK/426.111/2014, BPSK Kab. Probolinggo menetapkan beberapa klausula baku didalam Perjanjian Pembiayaan Bersama dengan Penyerahan Hak Milik Secara Fiducia No. 033911200648 tertanggal 12 Desember 2011 antara Bandot Wasiadji dengan PT. Adira Dinamika Multi Finance Cab. Malang tersebut. Dari hasil pengawasan klausula baku BPSK Kab. Probolinggo tersebut, PT. Adira Dinamika Multi Finance Cab. Malang dilaporkan ke SPKT Mapolda Jatim dengan Laporan Polisi No. TBL/91/III/2014/SUS/JTM tanggal 28 Maret 2014, terkait dugaan Tindak Pidana Pencantuman Klausula Baku sesuai dengan Pasal 18 jo. Pasal 61 jo. Pasal 62 UU No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen”. (rid)

 

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Agustus 25, 2014 in BERITA

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: